Cara Mengatasi BlackBerry Error 602 dan 603


TRIK MAESTRO - Error di SmartPhone BlackBerry bisa saja terjadi pada perangkat BlackBerry anda, namun anda tidak perlu khawatir dan takut karena selagi error tersebut hanya berhubungan dengan perangkat lunak baik OS BlackBerry maupun aplikasi BlackBerry. Dan baru – baru ini yang sering terjadi adalah error yang menimpa perangkat SmartPhone asal Kanada ini, yaitu error 602 dan error 603, yang terjadi pada pengguna yang baru saja update aplikasi BBM nyaa ke versi 6.

Sebelum kita membahas bagaimana cara mengatasi error 602 dan 603 ini, alangkah lebih baiknya jika kita mengerti dan paham terlebih dahulu arti dari error tersebut. Error 602 dan 603 merupakan pesan error yang menandakan bahwa telah terjadi kesalahan pada applikasi Java di perangkat kita tersebut, dan biasanya solusinya adalah dengan melakukan hard reset akan menyelesaikan masalah, namun jika ternyata masih bermasalah maka BlackBerry anda tersebut harus di Wipe dan Reload OS (install ulang OS). Dan penyebab error ini umumnya adalah pada saat anda sign in ke aplikasi yg terintegrasi dengan BBM, aplikasi secara otomatis mem_verifikasi untuk update BBID (bagi user yg belum mengupdate BBID) saat proses update BBID selesai, anda tidak langsung merestart BlackBerry anda yang telah terupdate BBID nya.

Berikut Tips Menyelamatkan BlackBerry Anda dari Error 602 & 603 tanpa harus install ulang OS:
  1. Pastikan Tools Reader System Blackberry yg terdapat pada BBSAK, Vnbbutils, BB BOSS, atau tool yg biasa anda gunakan, sudah terinstal di komputer atau laptop anda. 
  2. Hubungkan BB anda dg komputer/laptop via USB dan pastikan terkoneksi. 
  3. Tekan perintah “reset” pada home screen BlackBerry anda tersebut. 
  4. Ketika proses restart sudah selesai, BlackBerry akan masuk ke home screen, maka segeralah anda tekan menu “Read System” pada Tool Reader System Blackberry.(pada BBSAK, Vnbbutils, ect). 
  5. Jika anda berhasil melakukan langkah diatas, maka pada kolom pembaca pada Tool akan tampil semua file-file dalam sistem BlackBerry anda, kemudian tahan tombol “Ctrl” pada komputer/laptop anda dan kemudian anda cari file -net_rim_bbid_api, -net_rim_bbid_common, -net_rim_bbid_daemon dan semua file COD applikasi yg terintegrasi dengan BBM yang telah anda instal. Dan biasanya nama file-file tersebut, sesuai dengan nama aplikasinya. 
  6. Kemudian setelah semua file aplikasi ditemukan dan ditandai, pilih menu “Remove” atau “Delete selctected files”. Maka Device akan restart otomatis, dan BB anda selamat dari error 602/603, dan tdk perlu instal ulang os, serta data-data terkini anda dapat diselamatkan. 
Selesai
Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat!

Tool dan aplikasi bisa di cari di google!

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Thanks for My everiting,,,,,,,,, gan ini sangat membantu sekali>>>>> klo gak karena ini saya akan ke habisan uang buat Install OS

    BalasHapus
  2. terimakasih gan>....................

    BalasHapus
  3. ari kurniawan : cari di sceen find donk,,,, itu pasti ada

    Bang Admin : saya kemarin melakukan hal yg sama dengan sulusi bang admin,,, tp BB Appolo saya jadi nggak bisa bbm dan App word,,, Solusinya bagaimana bang,,,, memang sich udah g restar2 tp aplikasi bbm hilang jadi g bisa bbm'an kan??? sulusi lain gan?

    BalasHapus